Saturday, June 16, 2018

Setting material Vray sketchup (Gold)

Cara setting material Gold (Emas) di vray sketchup

Pada kesempatan kali ini saya akan menunjukan tentang bagaimana caranya mensetting material Gold atau emas agar hasilnya bagus dan mendekati object aslinya.
Disini kita tidak akan menambahkan texture tambahan apa apa untuk membuat material gold,hanya cukup dengan warna saja.
Untuk kelancaran belajar,disini saya juga sediakan Vismat untuk material Gold/emas,jadi teman teman tidak perlu takut kalo praktek belajar nanti bakalan gagal.

Langkah yang pertama kalian sediakan dulu ya object yang ingin kita jadikan uji coba render material emas / Gold.
cara setting material gold vray sketchup

Seperti yang bisa kita lihat dari gambar di atas,saya hanya menggunkan object sederhana untuk pembahasan materi kali ini,tujuanya agar lebih fokus dalam belajar,Selain itu agar durasi rendernya tidak terlalu lama.
kalian bisa ikuti untuk membuat bola lingkaran dengan material berwarna dasar hitam yang berada di atas lantai,sebagai object pendukung kita tambahkan beberapa object di sekelilingnya agar nantinya ada kesan pantulan di material Gold yang ingin kita render,kalo sudah kita lanjutnya ke langkah berikutnya.

Langkah kedua buka menu pada vray sketchup dengan cara klik icon huruh M yang artinya Vray material editor.
setting material emas vray sketchup
Lihat kotak berwarna orange nomer 2,arahkan cursor ke situ dan klik kanan - cteate layer - Reflection.
Jika sudah kita akan mulai mensettingnya dengan cara - klik icon M pada kotak nomer 3 - silahkan cara di bawah preview ada pilihan Texfresnel kita ganti menjadi None - klik OK.
masih di kotak nomer 3 klik kotak yang ada di samping tulisan Reflection - maka akan muncul kotak dialog select color,untuk warna reflexi - teman teman bisa berexperiment sendiri namun jika ingin sama dengan settingan yang saya punya silahkan isikan angka yang ada di kotak nomer 4 saja,dengan kita mengisikan angka R-G-B maka secara otomatis akan menghasilkan warna dari percampuran angka tersebut.
Untuk settingan General di bagian Hilight tetap saya isi angka 1 dan di bagian Reflact bisa di isi 1 atau 0,8 tergantung dari tingkat pantulanya saja.
Semakin rendah angkanya maka akah menjadi material dof atau tidak memantulkan object yang ada di sekitarnya.
material emas vray sketchup
Ini dia hasil akhirnya,untuk object dengan kualitas gambar yang bagus kalian bisa atur angka subivs di angka 42 namun kita juga harus melihat kondisi juga,sesuaikan dengan kemampuan komputer kita.
jika sekiranya object dengan material gold ini penempatanya tidak terlalu di expose maka nilai subdivsnya kecil saja tidak masalah,misalnya 8 - 12.


Jika ada kesulitan silahkan untuk bertanya dengan cara menulis pertanyaan di kolom komentar.
Semoga sedikit ilmu ini bisa menjadi manfaat untuk bersama,jika teman teman suka silahkan untuk di share.Terimakasih.
Lihat juga cara setting vray material kaca sandblast


1 comment:

  1. Ini yang saya cari, coba saya praktekkan, terima kasih banyak tutorialnya keren mas :)

    ReplyDelete