Sunday, August 14, 2016

Shortcut Area di Autocad

Menggunakan Shortcut Area untuk mencari luas bangun

Apakah teman teman tahu Rumus untuk mencari luas?
misalnya persegi panjang,segi tiga,lingkaran atau apa saja yang yang kamu tahu,mungkin kalo kita di suruh mencari luas bangun yang simpel contohnya persegi panjang akan sangat mudah kita menjawabnya.
misal ada persegi panjang dengan P = 3 dan L = 5 maka jawabanya adalah 15 karena untuk mencari luas persegi kita hanya tinggal mengkalikan saja P dan L nya.
nah sekarang kita ambil satu contoh untuk gambar dari gabungan beberapa bangun,biar tidak bingung silahkan lihat gambar ilustrasi di bawah.
tutorial Autocad 2d
he he he...apakah kalian bisa menjawabnya berapa luas dari bangun di atas hanya dengan waktu kurang dari 2 menit?
ya kalaupun ada yang bisa pasti hanya orang orang tertentu saja.
Autocad memberi kemudahan untuk kita apabila kita ingin mencari luas bangun seperti di atas dengan waktu yang sangat singkat tapi hasilnya akurat.
mau tau caranya?
silahkan ikuti perintah :
pastikan semua garis terhubung menjadi poli line sehingga bangun di atas tertutup rapat tanpa ada lubang,selanjutnya Ketik REG enter lalu seleksi semua object dan tekan Enter.
jika sudah ketik AA enter - O enter maka kursor akan berubah menjadi kotak kecil setelah itu klik pada object yang sudah di gabungkan menjadi poli line tadi.
jika berhasil maka akan keluar data berikut.
tutorial autocad 2d
Tekan F2 maka akan muncul data berikut
cara bacanya adalah :
Area = Luas bangun
Parimeter = Keliling bangun
bagaimana cepat bukan?
kalo masih belajar mungkin kita akan butuh waktu yang sedikit lama,tapi kalo sudah tau Shortcutnya di dalam Autocad pasti hanya akan membutuhkan waktu kurang dari 1 menit.
Semoga bermanfaat,mohon maaf jika ada pengucapan kata yang kurang sesuai..
terimakasih sudah berkunjung di blog saya..

0 comments:

Post a Comment