Vidio Tutorial Vray Sketchup

Wednesday, October 25, 2017

Cara Membuat Baut Tekla structure

Belajar Tekla Untuk Pemula,Membuat Baut dengan Tekla.
Assalamualaikum....
Pada kesempata kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana proses pembuatan Baut secara manual dengan menggunakan software Tekla.
Langsung saja ya simak Artikel berikut...
cara membuat baut dengan manual di tekla
Lihat gambar diatas,Untuk menggabungkan antara Beam dan Kolom kita memerlukan plate ,Proses pengelasan dan Baut untuk perkuatanya.
Sebenarnya sih kita bisa memanfaatkan fungsi Komponen yang sudah tersedia di dalam software Tekla,tapi tetap kita juga harus bisa membuat Baut dan mensettingnya secara Manual.

belajar Tekla untuk Pemula,tutorial tekla indonesia
Agar lebih fokus dan mudah dalam penjelasanya maka untuk Beam yang berwarna biru saya hidden dulu sehingga yang terlihat hanya plate dengan 6 Baut yang sudah terpasang.
Untuk Melihat jarak baut caranya mudah,lihat di Artikel Cara mudah melihat jarak Baut di tekla structure
belajar Tekla untuk Pemula,tutorial tekla indonesia,cara bikin baut manual di tekla
Untuk setting jarak baut dan ukuranya silahkan klik Toolbar STEEL - BOLT klik 2x.
Kotak dialog Bolt properties akan keluar.
Kamu bisa lsetting mulai dari Bolt size (Ukuran Baut),Bolt standard (Jenis Baut),Bolt dist x (jarak baut ke arah sumbu x),Bolt dist Y (Jarak Baut ke arah sumbu Y),Start Point - Dx (jarak ujung plate ke as Baut yang ke arah sumbu x) dan untuk kelengkapan Assembly Baut kamu bisa ceklist sesuai dengan gambar ilustrasi Baut diatas.
Setelah semua settingan dialog sudah selesai diisi langsung klik Apply,biarkan kotak dialog masih tetap tampil jadi jangan di close/Ok.
Klik plate - Klik Kolom - tekan scroll-Klik mid point plate bagian atas - Klik mid point plate bagian bawah (Jika kamu berhasil maka akan terlihat seperti gambar diatas),Apabila posisi Rotasi Baut tidak sesuai maka bisa diatur di Position Rotation dan klik Modify.
Semoga artikel ini bermanfaat buat yang sedang belajar Tekla structure secara mandiri.

Jika kamu sedang Belajar Tekla secara otodidak silahkan baca juga Artikel di bawah ini.

0 comments: