Thursday, December 28, 2017

Belajar Koordinat Autocad

Memahami sistem koordinat pada software Autocad

Pada pembahasan kali ini saya ingin mengupas tentang bagaimana cara menggunakan ordinat dimensi dan memahami sistem koordinat pada software Autocad untuk semua versi.
Didalam Autocad ada istilah WCS dan UCS.
Kita akan membahas memgunakan gambar kerja agar lebih jelas ya teman teman
Belajar koordinat Autocad,fungsi koordinat autocad,ordinate dimensi
Gambar di atas adalah gambar kerja untuk pembuatan Dies.
Kita bahas mulai dari WCS - Dalam Software Autocad defaultnya WCS terletak pada koordinat( x,y = 0,0) bisa dilihat di atas tulisan warna hijau.
Sedangkan UCS adalah titik koordinat yang apabila kita saling hubungkan akan membentuk gambar kerja yang mudah untuk di pahami oleh pembaca ataupun yang akan mengerjakan produksi prodak tersebut,misalnya kalian bisa lihat di kotak abu abu yang bertuliskan X=125  Y=75  Z = 0 notasi ini menunjukan titik letak koordinate tersebut.
Shorcut untuk mencari titik koordinate di autocad adalah :
ID-ENTER-KLIK TITIK yang mau kita ketauhi koordinatnya,maka akan langsung muncul notasi angkanya seperti ilustrasi gambar di atas.
Sekarang teman teman bisa lihat di bagian dimensi (Ukuran),sengaja saya membuat 2 style yang berbeda agar kalian bisa mempraktekan keduanya.
yang pertama ada Dimensi standar yang sudah saya tandai dengan awan warna hijau dan yang kedua ada Dimensi Ordinate - hanya berupa garis single dengan notasi angka pada Ordinate tersebut.
nah untuk cara prakteknya tidak sudah kok.
Bisa menggunakan Menubar yang ada di atas,cari aja Dimension - Linier (untuk dimensi standar) - Ordinate (untuk Dimensi Ordinate)
Kalo mau lebih keren bisa menggunakan Shortcut DLI (Dimensi Linier) enter dan DOR enter (Dimensi Ordinate).
Selanjutnya saya akan menunjukan caranya mebuat titik atau garis yang dimulai dari Koordinat x,y = 0,0 ikuti langkah berikut.
Ketik PO enter - masukan angka 0,0 enter (Untuk membuat titik 0,0)
Ketik L enter - Masukan angka 0,0 enter (Untuk membuat garis di mulai dari koordinat 0,0)
Apabila teman teman menggunakan Autocad dibawah Versi 2009 bisa di masukan format angkanya @0,0.
Sekian pembahasan untuk hari ini,jika menurut teman teman Artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share ke teman yang lain ya,dan apabila teman teman mempunyai masukan untuk yang lebih bagus silahkan tulis saja di kolom komentar,atau kalo mau request tutorial juga boleh kok.

0 comments:

Post a Comment