Tuesday, January 2, 2018

Steel detailing Hauch - Conection Tekla

Membuat koneksi penghubung antara kolom dan Rafter

Hari ini kita akan membahas tutorial tentang cara membuat koneksi Eaves Hauch atau dalam bahasa lapanganya sering di sebut :Dagu,Sikuan,Haucnh,KFT atau lainya sesuai dengan kebiasaan atau ilmu tekhnik dalam dunia struktur bangunan.
Eaves Haunch adalah konenksi yang menggabungkan antara kolom dan rafter dan biasanya juga untuk pembuatan koneksi yang nantinya untuk Overstag bangunan (Pembuatan talang).
Kali ini saya menggunakan Tekla struktur versi 2016i,tapi sebenarnya tidak akan jauh beda kok penggunaanya dengan versi Tekla yang sebelumnya.
Detail hauch conection tekla,Detailing Tekla
Di tutorial ini saya akan memberitahukan bagaimana cara nya membuat koneksi yang sesuai dengan keiinginan kita,walaupun dalam dialog komponen Tekla tidak menyediakan yang sesuai dengan kemauan kita tp kita akan berexperimen membuatnya sendiri (Membuat koneksi Custom).


Untuk mengikuti tutorial ini kalian harus sudah membuat gambar kolom dan rafternya terlebih dahulu ya,Create Column in Tekla (artikel) atau Video membuat kolom di Tekla 2016i.
kalo sudah teman teman bisa ketik CTRL F untuk mengeluarkan kotak Dialog Komponen & Application,Ketik Haunch di kolom pencarian - Klik Hauch 102 - klik Kolom - Klik Rafter.
Ingat yang teman teman,ikuti langkahnya dengan urut karena jika tidak urut maka hasilnya akan eror atau tidak sesuai.
cara membuat koneksi rafter dengan Tekla,koneksi tekla,detail konenksi kolom dan rafter
Karena Stepnya sangat banyak sekali,disini saya tidak akan menulisakanya dalam bentuk artikel - saya akan menjamin kalian bosan melihatnya,kotak dialog dan settinganya sangat terperinci.
Untuk mempermudah saya sudah sediakan Video Tutorialnya,jadi jika teman teman berminat ingin mempelajarinya silahkan langsung Klik aja Gambar di atas.
Namun kalian ingin mencoba sendiri tanpa melihat video dari saya juga boleh.
Ok sampai disini dulu,jika kalian mengalami kendala dalam prakteknya silahkan langsung tulis pertanyaan di kolom komentar.
semoga tutorial ini bisa bermanfaat,jangan lupa untuk share ke teman teman yang lain,Terimaksih

0 comments:

Post a Comment