Thursday, June 7, 2018

Cara Render Sketchup realistic

Mungkin ga sih baru tahap belajar mengoprasikan Sketchup tapi sudah ingin mendapatkan hasil render yang Realistic (Mendekati nyata).
Kayaknya ga mungkin ya..he he he..
Apa lagi jika tidak di dukung dengan peralatan kerja yang memadai,misal speck komputer yang mumpuni buat Render agar kuat di pakai dalam kapasitas besar ataupun sederhana.
Tapi disini saya tidak ingin memadamkan semangat belajar kalian,justru saya akan membantu merealisasikan keinginan teman teman agar bisa ngerender di sketchup dan hasilnya bagus.
Percaya ga?
Ya udah mari kita praktekin aja ya..
Hal yang harus di perhatikan agar bisa mendapatkan hasil render yang bagus / Realistic.
Cara render sketchup realistic

Model 3d yang bagus - Bagaimana bisa dapat gambar bagus,kan masih tahap latihan - caranya gampang banget,tinggal ketik aja kolom search / pencarian 3d componen sketchup langsung tekan enter,pasti banyak sekali yang keluar dan kita tinggal pilih saja salah satu model 3d yang kita suka.
atau bisa juga kalian cari di 3d warehouse sketchup.

Settingan vray Material - Sketchup tidak akan bisa digunakan untuk merender tanpa adanya tambahan software / Plugin salah satunya adalah menggunakan Vray For Sketchup.
Settingan material sangat berpengaruh untuk mendapatkan hasil render yang bagus,karena tujuanya kita menirukan sifat material yang ingin kita render - akan sangat banyak sekali option dialog yang harus kita isi agar material bisa sesuai dengan barang aslinya.
Tapi tidak usah kawatir buat teman teman yang ingin praktis cukup Gunakan Vismat (Vray setting material) untuk vray versi 1 dan 2 sedangkan untuk versi 3 teman teman bisa menggunakan Vray scan,jalan pintas ini dapat menjadi solusi agar hasil render kita menjadi Realistic.
Cara menggunakan Vismat sketchup
Video menggunakan Vray scan render sketchup

Setting vray option menyesuaikan kekuatan komputer - Mengetahui batasan settingan Vray option itu sangat penting karena ini bisa berakibat pada hasil render dan durasi render yang diluar dugaan (Sangat mengecewakan).
Settingan Rendah akan menghasilkan kwalitas gambar yang kurang bagus dan settingan tinggi belum tentu bisa dapat hasil yang memuaskan,bisa jadi ga kelar kelar rendernya.
Terus kita harus bagaimana?
Saya ada trik jitu yang selama ini saya pakai dan terbukti menghasilkan gambar yang lumayan bagus namun tidak terlalu lama juga durasi rendernya,kalian mau lihat Videonya?
Silahkan di simak Cara Render Sketchup Realistic dengan speck minim.

Dari ke 3 bahasan di atas adalah Hal yang paling mendasar sekali untuk kita perhatikan saat kita ingin belajar render sketchup,memang sih tidak terlalu banyak tapi justru saya merangkumnya dengan tujuan lebih mudah di pahami dan cepat di pelajari.
Untuk pengembanganya nanti kita sambil jalan ya,tetap simak terus artikel dan Video Tutorial dari dizar smart.
Yang jangan terburu buru,tetap bersabar dalam belajar.
Sekian dulu untuk hari ini,semoga bisa bermanfaat buat pembacanya.
Jika ada pertanyaan,Kritik ataupun saran silahakan di tulis saja di kolom komentar,Mohon untuk menggunakan bahasa yang baik ya..Terimakasih

0 comments:

Post a Comment