Vidio Tutorial Vray Sketchup

Monday, January 21, 2019

3D Render Floor plan

Cara merender potongan

Assalamualaikum semuanya..
pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana caranya merender potongan rumah sehingga terlihat semua furniture dan properti yang ada di dalam rumah.
Sebernarnya ada Plugin khusus untuk membuat gambar potongan sehingga bisa untuk langsung di render,namun dari percobaan yang saya lakukan ternyata banyak sekali kendala yang saya alami salah satunya adalah Bugsplat saat ingin di render,saya belum tau sebabnya apakah karena Plugin yang gratis atau dari File gambar saya yang terlalu besar.
cara render vray potongan

3D render Floor Plan


Mungkin jika kalian ingin mencobanya bisa langsung cara saja Pluginya di Extention WareHouse atau di Web Sketchucation dan caranya sangat mudah sekali untuk mendowloadnya.
Tinggal ketik saja Add sectionscut face dan Zorro2,itu adalah plugin yang di pakai untuk merender gambar potongan.
Jika kalian ada kesulitan tentang bagaimana caranya mendownload Plugin silahkan langsung saja lihat Video di bawah ini
Maaf Video di buat dengan bahasa jawa,tapi masih bisa di ikuti kok dari gerakan Mousenya
Berhubung dengan menggunakan Plugin saya mengalami banyak kendala akhirnya saya membuat secara manual gambar potonganya,Intinya yang perting target bisa tercapai.
Langkah yang harus kita lakukan adalah ..lihat gambar dan deskripsi di bawah ini 
cara render vray potongan pada sketchup
Buat terlebih dahulu denah ruangan beserta dinding 3D dengan elevasi kurang lebih 1 Meter.
Setelah itu jangan lupa buat lantai dengan material keramik atau sesuai kebutuhan,buat juga area kotak berwarna putih yang ada di luarnya,fungsinya nanti untuk background gambar kita.
Masukan komponen Furniture interior sesuai dengan denah yang sudah di buat,letakan dengan rapi dan yang terpenting ukuranya harus Proposional.
Setelah tahap pembuatan model 3Dnya sudah selesai,kalian bisa memberikan settingan material pada furniture agar lebih bagus terlihat.
Misal menambahkan sedikit reflaction untuk lantai atau material lainya agar ada kesan kesan mengkilat.
Setelah itu yang terpenting adalah setting Vray Optionya.
saya akan memberikan trik mudah untuk setting vray option agar durasi rendernya tidak terlalu lama dan settinganyapun cuma simple,cuma dikit aja.
vray option render interior booth

Cuma ada 2 Option saja yang saya pakai.
Yang pertama adalah di bagian Enviroment Lihat kotak warna orange,di situ ada angka untuk mengatur kecerahan.
GI skylight adalah cahaya yang menyinari object 3D kita yang ingin di Render,Pilih saja warna putih agar warna menjadi netral dan alami.(Klik icon M pada kotak hitam dan ubahskylight  menjadi None)
Reflaction (Background) adalah warna latar belakang yang akan tampak saat kita merender Object 3D yang yang kita punya,di sini saya membuat menggunakan warna putih,silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian.(Klik icon M pada kotak Hitam dan ubah Skylight menjadi none)

Yang ke 2 adalah option setting Indirect Ilumination (GI)
Silahkan langsung di lihat saja kotak warna yang berwarna Orange.
Option ini berfungsi untuk mempertegas garis sudut agar gambar bentuknya lebih tegas dan berasa.
Perhatikan angka pada Amount dan Subdivs.
Amuont adalah tingkat ketegasan garis sudut apabila terlalu bisa maka akan terjadi bercak hitam di dinding bagian pojok.
Subdivs adalah parameter untuk menghaluskan settingan dari amount,apabila semakin besar maka akan mengurangi terjadinya bercak hitam di bagian sudut.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membaca,apabila ada hal yang tidak sesuai harap maklum,karena ini memang hasil percobaan yang sudah saya lakukan.


0 comments: